RSS

Pelajaran Ke-12 ASRAMA

12 Feb

DAFTAR KATA

tingkat – 层,级

rapi – 整齐

nomor (缩写no.) – 号码

kasur – 褥子

cukup –

ditutupi (menutupi) – 盖上

ranjang susun – 双层床

seprai – 床单

atas – 上面

bantal – 枕头

bawah – 下面

selimut – 毯子

tersusun被安排好,堆好

ukh – (感叹词)

méja tulis  写字台

setuju – 同意

mencuci –

sikat gigi – 牙刷

tapal gigi – 牙膏

celang – 裤子

sport – 锻炼,运动

cangkir – 杯子

motto – 座右铭

tempat – 地方

demi – 为了

cuci muka – 洗脸

membangun建设

teratur整齐的,井井有条的

negara – 国家

bersama – 一块儿,一起

akh (感叹词)

tetapi (=tapi) – 但是

kan – 不是吗

lah (语气词)

tirai – 窗帘

terletak放着,有

berwarna – warni – 有各种色彩

botol –

baris –

tergantung挂着

pot bunga – 花盆

terdapat

rak buku – 书架

bunga melati – 茉莉花

dinding –

kaktus – 仙人掌科,令箭花

cermin – 镜子

kalénder – 日历

diterangi (menerangi)照亮

foto – 相片

gambar –

lampu listrik – 电灯

gambar pemandangan – 风景画

sudut – 角落

kecil 

menyenangkan – 令人愉快

térmos – 热水瓶

pandai善于,能干

kiri –

mengatur料理,布置

sedikit – 少,一点儿

melekatkan

dekat –

disangkutkan (menyangkutkan) –

tak jauh dari – 不远

terlekat贴着

anduk – 毛巾

kebersihan – 卫生,清洁

lés – 镜框

pangkal – 根源

indah – 漂亮

keséhatan – 健康

kanan –

terang –

 

 

DIALOG

Hu: Saya baru dari gedung 34.

Ma: Dari gedung 34? Dari asrama wanita?

Hu: Ya, dari kamar Li Li.

Ma: Oo! Mengapa?

Hu: Saya meminjam bukunya. Mereka tinggal di tingkat tiga, kamar no. 318.

Ma: Oo!

Hu: Kamarnya tidak besar tapi cukup untuk empat orang.

Ma: Oo… mereka empat orang sekamar?

Hu: Ya, dia sekamar dengan teman-teman kita sejurusan. Mereka tidur di ranjang susun. Dua orang tidur di atas, dua orang lagi tidur di bawah. Tapi kamar mereka rapi.

Ma: Rapi?

Hu: Ya, rapi. Kasurnya ditutupi seprai. Bantal dan selimutnya tersusun rapi. Di tengah kamar ada meja tulis dengan empat buah kursi. Sikat gigi dan tapal gigi di dalam cangkir, tempat cuci mukanya teratur. Semuanya bersih dan rapi.

Ma: Akh! Sikat gigi kan harus bersih!

Hu: Di jendela ada tirai berwarna-warni. Di depan jendela ada sebaris pot bunga. Buku-buku di rak buku tersusun rapi. Di dinding ada cermin, kalender, foto dan gambar pemandangan. Kamar mereka bukan saja bersih dan rapi tapi juga menyenangkan. Mereka pandai mengatur kamarnya.

Ma: Mengapa? Kau mau bunga juga? Di jendela ada tirai berwarna-warni? Mau melekatkan gambar di dinding? Saya akan melekatkan gambarmu di dinding. Bagaimana? Ukh…!

Hu: Bukan! Bukan itu! Kita harus mengatur kamar kita juga.

Ma: Mau mengatur apa lagi? Ranjangmu di situ, ranjangku di sini. Kasurmu ditutupi seprai, kasurku juga. Tapi pot bunga tidak ada! Tirai berwarna-warni juga tidak ada!

Hu: Tapi…

Ma: Tapi apa? Ini asrama!

Hu: Asrama juga harus bersih, harus rapi. Besok hari Minggu.Kita dan teman-teman mengatur kamar kita. Setuju?

Ma: Hari ini kau datang ke kamar mereka. Sudah pulang, kau mau mengatur kamar. Besok kau datang ke kamar mereka. Kau mau mengatur apa lagi? Besok aku mau bertanding sepak bola.

Hu: Itu sore! Pagi, kita mengatur kamar kita. Bagaimana?

Ma: Pagi, aku harus melihat lapangan sepak bola.

Hu: Saya juga mau mencuci celana sport. Tapi itu sebentar saja. Setuju? Setuju kan?

Ma: Setuju? Setuju kan?

Ma: Kan baik mengatur kamar. Kamar kita bersih, rapi, menyenangkan. Bagaimana? Setuju?

Ma: Sudah! Setuju! Aku akan melekatkan motto di dinding ini.

Hu: Setuju saja. Tapi mottonya apa?

Ma: Mottonya "Giat belajar demi membangun negara kita".

 

 

TEKS

Li Li tinggal di asrama wanita di tingkat ketiga gedung nomor 34. Ia tinggal bersama kawan-kawannya sejurusan di kamar nomor 318. Mereka empat orang  sekamar. Kamar mereka tidak besar tetapi cukup untuk empat orang. Di kamar itu ada dua buah ranjang susun. Kasurnya ditutupi seprai. Bantal dan selimutnya tersusun rapi. Di ranjang itulah mereka tidur. Dua orang tidur di atas, dua orang lagi tidur di bawah. Di tengah kamar ada meja tulis. Di atas meja tulis itu terletak botol tinta, pulpen, potlot, tas dan buku-buku pelajaran. Meja tulis itu dikelilingi oleh empat buah kursi. Di jendela tergantung tirai berwarna-warni. Di depan jendela terdapat sebaris pot bunga. Ada bunga melati, bunga mawar dan kaktus. Kamar itu diterangi oleh dua buah lampu listrik.

Di sudut kamar ada rak buku. Buku-buku di rak buku itu tersusun rapi. Di sudut lain ada meja kecil. Di atasnya terletak dua buah termos dan empat buah cangkir. Di dalam cangkir itu ada sikat gigi dan tapal gigi. Agak ke kiri sedikit ada tempat cuci muka. Di depannya tergantung cermin. Di dekat itu pula disangkutkan anduk kecil yang bersih. Di dinding dekat cermin itu juga tergantung kalender. Di sebelah kanan kalender itu ada beberapa foto dalam lesnya. Di sebelah kirinya terdapat gambar pemandangan yang indah. Di dinding tak jauh dari rak buku terlekat sebuah motto "Kebersihan Pangkal Kesehatan".

Kamar itu menyenangkan, bersih, rapi dan terang.

 

 

PENJELASAN

1. sejurusan, sekamar中的se 是前缀,有"相同" "同一个"的意思。seasrama, serumah, semobil, sekelas, setingkat 中的se,也是"相同"的意思。

2. Dua orang lagi tidur di bawah. 还有两个人 睡在下铺。 Mau mengatur apa lagi? 还要整理什么?

lagi还包含"还有""还要"的意思。又如:

Berapa lama lagi baru selesai? 还要多久才能完?

Siapa lagi mau pergi? 还有谁要去?

3. meja tulis是由两个词构成的复合词,这是构词的一种方法。类似的复合词有papan tulis, buku tulis(写字本), kertas tulis(信纸), meja makan(饭桌), sikat gigi, tapal gigi, kolam renang, ranjang susun等。

4. tempat cuci muka 洗脸的地方,脸盆。在印度尼西亚语中,tempat可以表示"地方""场所""容器"等。例如:

tempat buku – 书架

tempat belajar – 学习室

tempat tinta – 墨水瓶

tempat tidur –

tempat mobil – 停车场

tempat rokok – 烟盒

tempat duduk – 座位

tempat main skats – 溜冰场

tempat potlot – 铅笔盒

 

5. akh叹词,表示懊恼、讨厌等。例如:

1) Akh! Sikat gigi kan harus bersih!

2) Akh, anduk ini mengapa disangkutkan di sini! 咳,怎么把毛巾挂在这儿!

6. bukan saja … tapi juga … "不仅而且…",表示递进的复句,上半句用bukan saja,后半句用tapi juga,表示进一步的意思。例如:

1) Guru kami bukan saja hadir tapi juga membimbing kami main pingpong.

2) Bukan saja dia tapi juga semua mahasiswa memujinya.

7. ukh叹词, 表示讨厌、不高兴等。例如:

1) Ukh, kau mengantuk saja! 咳,你老打瞌睡!

2) Ukh, membaca saja salah! 哼,连续也读错了!

8. Kamar mereka bukan saja bersih dan rapi juga menyenangkan.

有些加 me-kan的及物动词,常常省略宾语。又如:

Kabar ini sangat menggembirakan. 这个消息太令人兴奋了。

9. kan = bukan,一般用于日常口语,构成反诘疑问句。这种句型表面上看是提问,实质上是一种加强肯定的陈述,不要求

答复。kan 的位置可在句尾或句首,肯定的是全句。也可在某个句子成分之后,肯定的则是它前面的句子成分。例如:

1) Setuju kan? 你不也同意吗

2) Kan baik mengatur kamar? 把房子整理一下不是很好吗

3) Kan kau mahasiswa? 你不是大学生吗

4) Hari ini kan hari Minggu? 今天不是星期天吗

5) Cukup tinggi, kan? 够高,不是吗

10. sudah

1) Sudah pulang, kau mau mengatur kamar. 等于书面语的sesudah。这种省略形式在口语常用

2) Sudah! Setuju! 这里的sudah表示作罢,不再计较,可以译成"行了", "算了"。又如:

1) Sudahlah kita bersihkan sekali lagi. 算了,我们再扫一次。

2) Sudahlah, aku setuju saja. 就这样吧,我同意。

11. nya,本课文出现的nya都作为代词用。

1) nya 可以指代第三人称代词单数和多数,可以指人,也可以指事物。例如:

1) Ia tinggal bersama-sama dengan temannya. (nya指代单数ia)

2) Mereka pulang  rumahnya masing-masing. (nya指代复数mereka)

3) Agak ke kiri sedikit ada tempat cuci muka. Di depannya tergantung cermin. (nya指代物)

2) nya 可作定语和宾语等。例如:

1) Bagaimana kamarnya? (nya作定语,指代ia)

2) Kami sudah melekatkannya. (nya作宾语,指代物)

3) nya所指代的事物,有的在本句出现,有的则出现子前句, 例如:

1) Ia ada di rumah nya. (nya指代本句中的ia)

2) Di sudut lain ada meja kecil. Di atasnya terletak dua buah termos. (nya 指代前句中的meja)

4) nya有的与作为定语的itu用法相同。例如:

Mottonya "Giat belajar demi membangun negara kita". (nya相当于itu)

12. yang, yang与它后面的形容词-起作定语,修饰它前面的名词。例如:anduk kecil yang bersih, gambar pemandangan yang indah.

yang有特指作用。例如:

1) Saya mau anduk kecil. 我要小毛巾

2) Saya mau anduk yang kecil. 我要小的毛巾。(特指)

13. terletakterdapatada都包含"存在"的意思。例如:

1) Di kamar itu terletak dua buah ranjang susun. (表示"放着")

2) Di kamar itu terdapat dua buah ranjang susun. (表示"被发现有")

3) Di kamar itu ada dua buah ranjang susun. (表示"")

14. buku-buku, rumah-rumah是利用重叠词根,表示多数。一般来说,名词都可重叠表示多数。例如: kursi-kursi (很多椅子) , pemuda-pemuda (青年们)hari-hari(每天), kesalahan-kesalahan(一些错误), jurusan-jurusan(各个专业)

15. tak jauh dari这是固定搭配,表示"离…不远"的意思。

Sekolah itu tak jauh dari rumahnya.

Tak jauh dari asrama itu terdapat sebuah telage.

16. 书面语与口语

书面语

口语

tetapi, bukan

tapi, kan

mencuci, berolahraga

cuci, olahraga

bermain, kepunyaan

main, punya

kamar nomor 318

kamar 318

Saya baru kembali dari gedung nomor 34

Saya baru dari gedung 34

kau baru kembali dari gedung nomor 34?

Dari gedung 34?

Itu adalah sore hari.

Itu sore.

 

 

TATA BAHASA

I. me-i 形式的动词接续词由前缀me – 和后缀-i 构成的动词是及物动词。如:

mengelilingi meja

menutupi kasur

menerangi kamar

 

II. 及物动词的主动式(bentuk aktif) 和被动式(bentuk pasif)

第一人称

主动

Aku (Saya, Kami, Kita)

sudah membaca buku itu.

被动

Buku itu sudah kubaca.

Buku itu sudah

saya (kami, kita)

baca.

第二人称

主动

Engkau (Kamu, Kalian)

sudah membaca buku itu.

被动

Buku itu sudah kaubaca.

Buku itu sudah

kamu (kalian)

baca.

第三人称

主动

Ia (Dia, Mereka)

sudah membaca buku itu.

被动

Buku itu sudah dibacanya.

Buku itu sudah dibaca

olehnya (mereka, oleh mereka).

普通名词作第二人称代词:

主动

Saudara (Kawan, Tuan, Nyonya)

sudah membaca buku itu.

被动

Buku itu sudah

Saudara (Kawan, Tuan, Nyonya)

baca.

注意: 在代词和动词之间不能夹进其他词

Buku itu sudah saya baca.

Diktat itu sudah saya ambil.

如果夹有其他词,就不规范的。例如:

Buku itu saya sudah baca.

Diktat itu saya sudah ambil.

主动句变为被动句的方法:

1) 将主动句的宾语变成被动句中的主语。

2) 将被动句中的谓语动词去掉前缀me。施动者是第一、二人称时,不论单、复数,它们在被动句中都置于动词之前。若主动句中的施动者是aku 和engkau,通常在被动句中简化为ku和kau,并和动词连写。

3) 当被动句中的施动者是第三人称时,被动式的动词是由di+ 去掉前缀me 的动词构成。若施动者出现时,它紧挨动词后单数代词nya 可与动词连写,复数代词不能连写单、复数的第三人称代词也可置于介词 oleh 之后,单数代词nya 可与 oleh 连写

4) 倘若在主动句中,普通名词作第二人称代词,在相应的被动句中,他们的位置与kau 相同,但不与动词连写。

 

III. 有前缀ter-的动词

有前缀ter-的动词,其中一部分是表示被动语态完成体。多数及物动词有相应的被动语态完成体形式。不及物动词则没有相应的这一形式。如:

susun

tersusun

lekat

terlekat

letak

terletak

gantung

tergantung

dapat

terdapat

tutup

tertutup

作为被动语态完成体的ter- 的形式和作为被动语态的di – 的形式、在语注意义上有所不同, di 形式不表示"动作已经完成"。试比较:

1) Motto itu dilekatkannya di dinding. 他把那条座右铭贴在墙上

     Motto itu terlekat di dinding. 墙上贴着那条座右铭。

2) Dua buah termos diletakkannya di atas meja. 他把两只热水瓶放在桌上

    Di atas meja terletak dua buah termos. 桌上放着两只热水瓶。

3) Kamar itu diatur oleh mereka. 他们整理那个房间.

    Kamar itu teratur.  那个房间整理好了

 

IV. ke~an形式的名词

以形容词为词根的ke~ an 形式的名词,表示与词根有关的性质、状态等抽象概念。因此,它们都是抽象名词。如:

bersih

清洁,干净

kebersihan

卫生

sehat

健康

kesehatan

健康

senang

愉快

kesenangan

愉快

gembira

高兴

kegembiraan

高兴

salah

kesalahan

错误

menang

kemenangan

胜利

kalah

kekalahan

失败

pandai

善于

kepandaian

本领

indah

keindahan

优美

Kebersihan pangkal kesehatan.

Guru membetulkan kesalahan kami.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 02/12/2011 in INDONESIAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: